Skema Pemancar FM Stereo Broadcasting

Pemancar Fm stereo ini dapat beroprasi pada frekuensi 88 - 108 Mhz, dan kualitas suara stereo yang dihasilkan lumayan bagus dan enak didengar oleh telinga, hal itu dapat dirasakan jika receivernya ( radio penerima ) juga di dukung dengan kualitas stereo yang bagus pula.
 sehingga cocok untuk memancarkan sumber suara dari iPod, komputer, discman, walkman, TV / SAT receiver, dan banyak sumber audio lainya.Rangkaian Pemancar FM stereo ini mempunyai daya yang kecil, hanya mampu menjangkau sekitar rumah saja.

 tentu saja Pemancar FM dengan daya lebih besar memerlukan izin agar tidak dianggap ilegal.Untuk keperluan pemancar stasiun radio FM dengan jarak jangkau yang jauh, maka saya sarankan agar rangkaian ini dimodifikasi dan di perkuat dengan rangkaian “power RF amp”.
skema pemancar FM stereo
Skema Pemancar FM Stereo diatas jika kitA rangkai ke dalam sebuah bentuk kit PCB akan menjadi seperti gambar dibawah ini :.
pemancar FM stereo
 panjang elemen antenna vertikal radiator dan panjang elemen antenna radial bisa dihitung dengan rumus pada gambar di bawah.Antenna yang cocok untuk jenis pemancar ini yaitu jenis “ground plane”.
.antena