Menggambar Skematik dan Layout PCB Menggunakan Software ExpressSCH dan ExpressPCB

Berikut adalah hasil seharian ini saya menggambar skematik dan layout PCB menggunakan program ExpressSCH dan ExpressPCB.
Pernahkah saudara menggambar skematik dan layout PCB menggunakan software ExpressSCH dan ExpressPCB?.

Namun demikian, dengan adanya fasilitas untuk membuat sendiri simbol dan footprint komponen dan menyimpannya dalam library, maka ExpressSCH dan ExpressPCB dapat digunakan untuk menggambar skematik dan layout PCB sesuai yang diinginkan.

Jika belum, kamu HARUS mencobanya!.

 ExpressPCB tidaklah sehebat Eagle, DipTrace atau kicad, dan janganlah diperbandingkan dengan protel atau proteus.Sebelumnya saya belum pernah menggunakan software ini, kebetulan baru mulai kemarin saya menggunakannya.
 Tampilannya pun tidak terlalu bagus, bahkan terkesan kaku dan tidak menarik.ExpressSCH dan ExpressPCB minim fitur, namun cukup memadai untuk digunakan dalam pekerjaan menggambar skematik dan layout PCB. Karena minim fitur, maka tak banyak yang harus dipelajari untuk menguasai program freeware ini.
Terus-terang saya menabah-nabahkan diri selama proses menggambar skematik dan layout PCB menggunakan software ini. Akan tetapi setelah melihat hasilnya, menurut saya tidak jelek juga.

telinks_expresssch
telinks_expresspcb
telinks_expresspcb_printout
Gambar skematik di atas adalah sebagian dari skematik keseluruhan yang telah selesai saya gambar. Sedangkan gambar layout PCB di atas adalah layout PCB sistem secara keseluruhan. Gambar paling bawah adalah hasil printout pada mesin cetak PDF.
Selamat belajar!