Rangkaian Radio FM Stereo

Skema Rangkaian Radio FM Stereo - Rangkaian Radio FM Stereo ini akan menghasilkan kualitas suara yang baik di band FM (88-108 mhz). Saya menggunakan headphone jack dan bervariasi pada kedua sinyal dengan kontrol volume. Saya bisa menggunakan sirkuit ini untuk walkman dan CD player portabel di mobil saya. Salah satu hal penting adalah bahwa chip IC beroperasi pada 3 volt DC. Chip bisa hancur jika dioperasikan pada tegangan yang lebih tinggi dari 3,5 volt. Antena bisa menjadi antena teleskopik standar atau 2 kaki kawat panjang. Masukan berada dalam rentang millivolt dan kau mungkin perlu menambahkan potensiometer tambahan untuk input.

Frekuensi yang dialokasikan untuk siaran FM berada diantara 88 – 108 MHz, dimana pada wilayah frekuensi ini secara relatif bebas dari gangguan baik atmosfir maupun interferensi yang tidak diharapkan. Sehingga noise yang diakibatkan oleh penurunan daya hampir tidak berpengaruh karena dipancarkan secara LOS (Line Of Sight). Jangkauan dari sistem modulasi ini tidak sejauh jika dibandingkan pada sistem modulasi AM dimana panjang gelombangnya lebih panjang.

 Jika input adalah sinyal yang tinggi dapat mendorong saudara melalui chip IC. Gunakan potensiometer untuk menghidupkan dua 15 pada sinyal masukan untuk membawa tingkat bawah. anda dapat menyeimbangkan sinyal dengan menggunakan headphone. L1 induktor adalah 3 putaran dari kawat 0,5 mm pada inti ferit 5 mm.Untuk mengatur penalaan sirkuit radio FM kamu ke tempat yang bagus, sesuaikan kapasitor C8 sampai kau mendengar sinyal bahwa kamu memancar. Bila anda memiliki sinyal yang kuat sesuaikan resistor R4 sampai menyala sinyal lampu indikator stereo.