Rangkaian Lampu Malam 1,5 V

Rangkaian lampu malam 1,5 V
Arus yang digunakan sngat reandah (Ultra-low).
Sebuah Foto resistor switch-off (opsional) di gunakan pada rangkaian lampu malam ini untuk mematikan perangkat pada saat siang hari atau ketika lampu kamar atau ruangan menyala, sehingga pemakain energy akan lebih ekonomis.
5V pasokan baterai.1.

 tetapi, dengan menambahkan Photo resistor pada rangkaian, waktu berfungsinya perangkat akan menjadi dua kali lipat atau,  bahkan sangat mungkin tiga kali lipat.Perangkat ini akan berfungsi selama sekitar 3 bulan terus-menerus dengan memakai baterai ukuran AA biasa atau sekitar 6 bulan dengan mamakai tipe baterai alkali.
Rangkaian lampu malam ini dapat digunakan sebagai Lampu Malam ketika listrik utama mati atau tidak tersedia sehingga tidak dapat meyalakan lampu untuk penerangan di malam hari. Untuk memastikan konsumsi baterai yang minimal, satu buah baterai 1.5V digunakan, dan digunakan pengganda tegangan sederhana yang memicu lampu ultra-bright LED menyala: arus yang digunakan kurang dari 500ÂμA.

Komponen:
  • R1, R2 Resistor 1M 1/4W
  • R3 Resistor 47K 1/4W (opsional: lihat keterangan)
  • R4 Foto resistor (semua jenis, opsional: lihat keterangan)
  • C1 Polyester Kapacitor 100nF 63V
  • C2 Kapacitor elektrolit 220ÂμF 25V
  • D1 LED Merah 10mm. Ultra-bright (lihat Catatan)
  • D2 Schottky-barrier Diode 1N5819 40V 1A (lihat Catatan)
  • IC1 CMOS IC Timer 7555 atau TS555CN
  • B1 1.5V Baterai (AA atau AAA sel dll)
Cara kerja:.
 C2 dan D2 membentuk suatu pengganda tegangan yang diperlukan untuk menaikkan tegangan baterai ke nilai puncak sehingga mampu memicu LED.IC1 menghasilkan gelombang persegi di sekitar frekuensi 4Hz.

Catatan:.

5V atau kurang.IC1 harus dari jenis CMOS: hanya komponen ini yang dapat beroperasi pada tegangan 1.
Jika kau tidak memerlukan fungsi kerja Photo resistor, hilangkan R3 & R4 dan hubungkan pin 4 dari IC1 ke pasokan tegangan positif.
LED biasa dapat digunakan, namun intensitas cahaya akan menjadi berkurang.
Sebuah dioda 1N4148 tipe biasa dapat digunakan sebagai pengganti dioda 1N5819 jenis Schottky-barrier, namun intensitas LED akan berkurang karena drop tegangan yang lebih tinggi.
Setiap jenis dioda Schottky-barrier dapat digunakan di tempat 1N5819 tersebut pada rangkaian lampu malam.