Rangkaian Alarm Sepeda Motor


 anda pun sebenarnya bisa membuat sendiri alarm motor guna mengamankan motor saudara. Dan sekarang saatnya kamu membuat sendiri rangkaian alarm motor dengan bentuk sederhana terlebih dahulu.Rangkaian alarm motor bisa menjadi salah satu alat untuk menjaga motor anda dari pencurian. Pasalnya sudah sering tentunya anda mendengar alarm mobil yang tiba-tiba berbunyi ketika kap mesin tersentuh atau si empunya mobil lupa mematikan alarm. Dan fungsi dari alarm motor sendiri hampir sama dengan alarm mobil yang tentu sudah sering saudara temukan di jalan atau area parkir.
Sistem kerjanya sendiri cukup mudah dan simpel. Tentunya cukup menarik jika kau bisa membuat rangkaian alarm motor versi kau sendiri. Otomatis mesin tidak dapat hidup. kamu hanya perlu mematikan arus dari CDI. Sedangkan kunci kontak dihubungkan ke arah klakson yang membuat klakson akan langsung berbunyi ketika terjadi upaya proses pencurian terhadap motor saudara. Namun sebelumnya kau harus menyiapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu.

Alat yang perlu disiapkan:
1. Solder dan timah
2. Gunting
3. Isolasi kabel

Bahan yang perlu disiapkan:
1. Saklar (switch) 3 kaki..........Rp 2.500
2. Relay 4 kaki......................Rp 15.000
3. Soket relay.......................Rp 5.000
4. Kabel 3 meter....................Rp 4.500

Skema rangkaian : 
Skema Rangkaian Alarm Sepeda Motor

Instalasi Saklar Alarm :

 Kabel dari CDI menuju ke saklar dipasang pada kaki nomer 1 (pinggir) sedangkan kabel dari potongan CDI menuju bodi itu dipasang pada kaki nomer 2 (tengah). Perhatikan posisinya.Saklar alarm diletakkan pada daerah yang sulit dijangkau yaitu di bawah jok. Potong kabel negatif CDI yang berwarna hitam bergaris putih, lalu sambungkan ke saklar alarm yang berkaki 3. Kemudian siapkan kabel panjang pada kaki nomer 3 (pinggir) menuju klakson, biarkan dahulu kita lanjut langkah memasang relay dulu.

Memasang relay:

 Sambung kaki nomer 30 dan 85 menjadi satu, lalu disambung ke positif klakson (kabel klakson berwarna oranye).Pasang relay pada soketnya, satukan kaki nomer 86 dengan kabel panjang dari saklar alarm yg tadi telah disiapkan, kemudian sambung ke negatif klakson (kabel klakson berwarna hijau). Kaki nomer 87 dipasang ke aki, yaitu kabel merah pada soket berwarna hijau.

Pengetesan:

Selesai merakit rangkaian diatas, ada baiknya kita melakukan pengetesan sistem alarm yang kita buat itu.


 Cabut kunci kontak, buka jok, kemudian matikan alarm dengan memindahkan saklar alarm ke posisi OFF.Langkah terakhir adalah mematikan bunyi klakson alarm yang sanggup membuat telinga bergetar.

). Langkah terakhir adalah mematikan kunci kontak ke posisi OFF (seharusnya klakson akan tetap berbunyi, berbunyi, dan terus berbunyi.Kedua, posisikan saklar alarm berada pada posisi ON, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya klakson akan berbunyi). Kemudian coba hidupkan mesin (seharusnya mesin tidak dapat dihidupkan).
Pertama, posisikan saklar alarm berada pada posisi OFF, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya tidak terjadi apa2). Jika semua terasa baik kemudian matikan kunci kontak pada posisi OFF. Kemudian hidupkan mesin (seharusnya mesin dapat hidup dengan sempurna), lakukan pengetesan pada klakson, teeet teeet teeet (seharusnya klakson dapat berfungsi normal).