Skema Rangkaian Saklar Suara

Skema Rangkaian Saklar Suara
Rangkaian ini merupakan rangkaian saklar elektronik yang peka terhadap suara penggunanya. Komponen yang berperan sebagai sensor berupa microphone ( MIC ). Dengan menggunakan rangkaian ini penguna tidak lagi repot-repot menekan tombol saklar saat menyalakan lampu atau peralatan elektronik lainnya.

Suara dari pengguna merupakan input dari microphone ( MIC ) dan menjadi masukan sinyal input ke IC1A op-amp (LM 358). Ini merupakan rangkaian non-inverting amplifier dengan menghasilkan penguatan 151 atau 43,6 dB. VR (variabel resistor R6) berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan penguatan / sensitivitas dari rangkaian non-inverting amplifier tersebut. Suatu pengaturan awal bisa dipakai bila gainnya tetap, Potensiometer dipakai untuk memicu pada tingkat suara yang berlainan supaya memperoleh rata-rata keluaran suaranya.

Tegangan DC 12 V merupakan sumber tegangan ke kaki no. 5 pada IC1b op-amp yang kedua, yang berfungsi sebagai sebuah comparator. Tegangan resistif pada pin 6 berkisar sekitar 2V. Apabila tegangan pada pin 6 dan pin 7 tinggi. Maka akan menggerakkan transistor Q1 dan akan mengaktifkan relay serta menyalakan LED. Dioda 1n4004 pada di relay berfungsi untuk menghindari tegangan balik yang bisa menyebabkan kerusakan pada transistor.

Catatan :  rangkaian saklar suara ini berfungsi menutup kontak relay dan selanjutnya akan membukanya kembali (dalam waktu tertentu), untuk menyalakan lampu atau peralatan elektronik lainnya, anda harus mengkombinasikan dengan rangkaian Saklar On-Off Digital atau rangkaian saklar elektronik lainnya.